Monday, January 21, 2013

FAQ FISIP UI


Halo ! selamat datang di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang merupakan salah satu fakultas terbesar di Universitas Indonesia (prok-prok*tepuk tangan). FISIP, begitu biasanya kami menyingkat Fakultas Makara Jingga ini, memiliki 8 Departemen di dalamnya. Ada Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, Sosiologi, Antropologi, Kriminologi, Kesejahtraan Sosial, Ilmu Politik, dan Ilmu Administrasi. Dalam ilmu administrasi sendiri dibagi lagi menjadi 3 jurusan yaitu : Adminitrasi Negara, Administrasi Niaga, dan Administrasi Fiskal.


-  Di jurusan Ilmu Komunikasi belajar apa aja sih kakak?
Sebelumnya buat informasi tambahan aja nih temen-temen, kalo jurusan Ilmu Komunikasi itu merupakan salah satu jurusan ter-favorit di Universitas Indonesia. So, jangan heran kalo peminat ke jurusan ini *ehm* banyak.  Nah, di Kom (begitu di singkatnya) temen-temen akan belajar cara mempengaruhi masyarakat dengan menggunakan media. Sesuai dengan slogan komunikasi yang sangat terkenal yakni ‘Who says what to whom in what  channel with what effect’ (Harold Lasswell)
    
-   Di jurusan komunikasi ada berapa program studi?
Komunikasi punya 5 program studi, ada komunikasi media, yang difokuskan pada analisis program, nanti kedepannya bisa jadi kritikus media gitu. Terus ada Jurnalisme, yang gak jauh-jauh sama kehidupan dan seluk beluk news and report. Kemudian, ada Humas, yang belajar menjadi Public Relation yang baik, lalu ada Iklan yang belajar mengenai pembuatan iklan dan belajar marketing juga.  Terakhir ada IKP,  yang belajar mengenai teknik  produksi acara TV sampai marketingnya, cara bikin film, dan tentunya film-film yang berkualitas dong ya :D

-  Cara pemilihan program studinya itu gimana?
Pemilihan peminatan, bisa dilakukan setelah temen-temen masuk smester 5 di komunikasi. Jadi temen-temen cukup pilih Ilmu Komunikasi dulu pas pendaftarannya ya J
  
-   Kalo kuota komunikasi gimana kak?
Nah,  karena komunikasi itu merupakan jurursan terfavorit jadi buat temen-temen yang mau masuk jurusan ini harus banyak berusaha dan berdoa. Untuk tahun 2011 ada sekitar 260 mahasiswa dan pada tahun 2012 ada 300 lebih mahasiswa.
         
-  Ada berapa program di Ilmu Komunikasi kak?
Ada tiga program, ada Kelas Reguler, ada kelas Pararel, dan kelas internasional (KKI)
         
-   Kalo Hubungan Internasional itu gimana kak?
For your information dulu yak, HI merupakan salah satu jurusan terfavorit juga nih Universitas Indonesia.  Peminatnya juga buanyak banget. tapi jangan pantang mundur, sebelum berperang!!!
  
-   Asiknya di HI gimana kakak?
Buat temen-temen yang punya cita-cita mau jadi seorang diplomat, sok silahkan masuk jurusan HI (Hubungan Internasional). Disana temen-temen juga akan belajar mengenai keadaan negara-negara di dunia. Di HI juga, suka ada pertukaran pelajar, jadi gak usah heran kalo temen-temen masuk HI nanti ada mahasiwa Asing yang ikut belajar di kelas temen-temen. Nah, info penting juga.  Mapres (Mahasiswa Berprestasi) tahun 2012 jatuh pada saah satu anak HI UI loh, keren kan? Yup, pasti keren!

-   Koutanya gimana kak ?
Nah, buat temen-temen yang mau masuk HI musti ekstra kerja keras. Soalnya, kouta HI cukup sedikit. Biasanya gak sampe 100 orang per-angkatan di Universitas Indonesia. Tapi gak ada yang gak mustahil kok gengs... J
         
-   Ada berapa program di Hubungan Internasional
Di hubungan Internasional cuman ada satu kelas, yakni kelas reguler aja.
          
-  Kalo Sosiologi gimana kak?
Buat temen–temen yang suka mengkaji gejala di tengah masyarakat dan tentunya suka berpikir atau berteori, otomatis cocok banget masuk jurusan Sosiologi. Sosiologi kampus sama SMA beda banget teman, disini kita akan diajarkan sosiologi yang lebih kompleks, lebih holistik, dan lebih luas. Dijamin seru banget :D
          
-  Yang dipelajarinya apa aja kak?
Yang dipelajari pasti fokus pada Sosiologi, tapi tidak hanya tercakup pada definisi dari satu suku kata (kaya SMA) tapi lebh dari itu, ada Sosiologi Pendidikan, Sosiologi Industri, Sosiologi Kesehatan, dll. Jadi bener-bener mengkaji masyarakat banget
         
-  Prospek kedepannya gimana?
Prospeknya luas banget, bisa jadi Sosiolog,  Dosen, Pendiri NGO, CSR, dll.
          
-  Kouta Sosiologi gimana?
Kuota Sosiologi lumayan besar kok temen-temen, walupun belum pasti untuk angkatan 2012 ada berapa kursi yang disediakan. Tapi, pada tahun 2012 dan 2011 kuota yang disediakan sekitar 100 lebih.
         
-   Ada berapa Program di Sosiologi?
Sama dengan HI, sosiologi hanya memiliki satu kelas, yakni kelas Reguler aja temen-temen.
         
-   Kalo Ilmu Politik belajar apa aja sih kak?
Ilmu politik itu belajar ilmu yang langsung bisa diterapkan langsung pada kehidupan nyata. Temen-temen akan mempelajari mengenai Trias Polica dan menjelaskan mengenai pandangan masyarakat akan politik di negaranya. Hal ini akan bermanfaat dalam menyelesaikan dan menjelaskan fenomena-fenomena politik yang terjadi di suatu negara demi mencapai cita-cita suatu bangsa.
         
-   Ada berapa peminatan di Ilmu Poltik?
Ilmu politik punya dua peminatan yang keren-keren. Pertama ada Perbandingan Politik, yang bakal ngomongin  perpolitikan luar negri. Beda sama Politik di Indonesia, yang akan membahas mengenai perpolitikan di dalam negri. Let’s change Indonesia with your hand!!!
         
-   Trus pemilihan peminatannya kapan kak?
Nah, peminatan di Ilmu Politik sama kaya ilmu Komunikasi. Temen-temen cukup masuk Ilmu Politik dulu, baru pilih peminatan. Peminatan di Ilmu Politik di mulai pas temen-temen masuk semester  III.
         
-   Ada berapa program di Ilmu Politik?
Ilmu Politik punya dua program, pertama ada kelas Reguler kedua ada kelas Pararel.
         
-  Kuota Ilmu Poltik gimana kak?
Kuota Ilmu Politik tidak sesedikit HI temen-temen, jadi semangat terus.
          
-  Lalu Antropologi belajar apa aja kak?
Antropologi itu salah satu jurusan ter-keren. Disini temen-temen akan belajar mengenai kebudayaan Indonesia melalui kacamata sosial. Kok mirip Sejarah? BEDA........ kalo sejarah hanya mengkaji mengenai apa yang terjadi di masa lalu. Nah, kalo Antopologi mengkaji mengenai bagaimana sesuatu itu terjadi ditengah masyarakat. Gak cuman ngomongin yang udah lalu, antropologi juga membicarakan kebudayaan masyarakat masa kini. FYI nih sobat, antropologi merupakan salah satu jurusan terfavorit di luar negri. Karena, salah satu alasan kenapa waktu zaman dulu Belanda mampu menjajah kita (Indonesia) dengan sangat cukup lama, karena mereka menjajah menggunakan ilmu, dan temen tau ilmu apa yang dipakai? Yap betul, ilmu Antropologi. So, jangan memandang sebelah mata sama jurusan keren ini!


Adaberapa program di Antropologi?
Antopologi hanya punya satu program, yakni Reguler.
          
-  Kalo kesejahteraan sosial belajar apa aja kak?
Kessos itu semacam ilmu terapan  yang orientasinya bukan membantu tapi “memberdayakan”, semacam gabungan antara Sosio-Psiko. So, kessos bukan jurusan yang hanya mentok di teori aja, tapi justru pada praktik (Aksi nyata). Dua ilmu yang cukup dominan di Jurusan ini adalah, Sosiologi dan psikologi karena dua ilmu ini sangat membantu dalam mempelajari masyarakat mulai dari anak-anak hingga lansia menjadi fokus pembelajaran dalam Kessos. Kalian akan belajar mengenai, anak-anak dan seluk beluknya hingga lansia, orang –orang yang memiliki cacat fisik (disable),  diskriminasi gender, penanggulangan bencana, ada juga pembahasan mengenai Industri. Dimana kalian akna mempelajari permasalah kesejahtraan sosial khusus di bidang industri. Menarik kan? Pasti lah menarik...! Mangga yang merasa terpanggil dan dapat melakukan lebih untuk Indonesia, silahkan masuk Kessos.
         
-   Ada berapa program di Kessos?
Kessos hanya memiliki satu program, yakni kelas reguler. Kuota yang dimiliki kessospun cukup sedikit. Tidak kurang dari 100 orang perangkatannya. J
         
-  Kalo Kriminologi ngapain kak?
Nah ini merupakan salah satu jurusan istimewa. kenapa? Karena merupakan satu-satunya jurusan se Asia Tenggara. Temen-temen gak usah khawatir sama jurusan satu ini walupun namanya seram “Kriminologi” tapi hal yang dipelajarinya tidak seram juga kok. Sama dengan Sosologi, dan Kessos. Krim juga mempelajari mengenai gejala yang terdapat ditengah masyarakat. Disini, temen-temen bakal belajar mengenai bagaiamana sebuah tindakan dapat terjadi, dan megapa seseorang melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan hukum.
Ayo, manusiakan manusia dengan hukum yang benar!
          
-  Programnya ada apa aja kak? Kuotanya gimana kak?
Ada dua program kelas di Kriminologi, ada kelas reguler dan pararel. Kuotanya juga lumayan besar, menyediakan 100 kursi lebih seluruh Indonesia.
         
-   Ada peminatanya gak di Kriminologi?
Kriminologi punya tiga peminatan, ada Kejahatan Transnasional, Penegakan Hukum, dan Kejahatan Jurnalistik. Kalo kejahatan transnasional itu yang membahas mengenai kejahatan yang terjadi di lintas negara. kalo penegakan hukum, sama kaya Ilmu Hukum tapi dikaji dengan kacamata Sosiologi. Nah, kalo Kejahatan Jurnalistik, mengakaji kejhatan yang berhubungan dengan media.


-   Cara pemeilihan peminatannya gimana kak?
Pemilihan peminatan di Kriminologi bisa di lakukan setelah temen-temen semester lima.
          
-  Kalo jurusan Administrasi belajar apa aja kak?
ADM merupakan salah satu jurusan terkeren. Teruji dengan banyaknya alumni adm yang jadi pesohor di Negeri ini. Adm memiliki 3 jurusan lagi didalamnya, ada Adm Negara, Adm Fiskal, Adm Niaga. Buat temen-temen yang senang dengan sesuatu yang berbau kebijakan, sok mangga masuk Adm Negara. disini, kalian akan belajar banyak hal mengenai Tata kelola negara. Terus, buat temen-temen yang pengen memperbaiki sistem perpajakan, bisa masuk Adm Fiskal. Disini, kalian akan belajar mengenai Pajak. Nah terakhir buat kalian yang suka sama yang namanya Bisnis, boleh banget masuk Adm Niaga. Kalo kalian passion sama Bisnis, Adm Niaga bakal berguna banget dalam menunjang passion temen-temen itu!
         
-   Ada berapa program? Kuotanya gimana?
Adm punya dua program, reguler dan pararel. Kuota setiap peminatan (Negara, Fiskal, dan Niaga) beda-beda. Yang paling banyak kuotanya Negara, disusul oleh Niaga, dan terakhir fiskal.
               
-  Cara memilih peminatannya gimana?
Berbeda dengan jurusan lainnya di FISIP. Peminatan atau departemen yang akan temen-temen pilih dimulai dari waktu temen-temen masuk. Jadi bukan setelah kalian kuliah di FISIP, melainkan pada awal pendaftaran.
Jadi bagaimana ? adakah Jurusan di FISIP yang sesuai dengan passion kalian ? Atau memang sudah menetapkan pilihan pada salah satu jurusan-jurusan kece di FISIP ? Ayo, jangan takut masuk FISIP ! dijamin kalian bakal semangat datang ke kampus ! karena disini banyak hal yang belum pernah kalian temuin semasa kalian SMA. 

Sekian, kalau masih ada yang mau ditanyakan bisa lewat :
 
message via fb ke Baraya UI Sukabumi
tweet ke @barayaUISMI
atau email ke : baraya.sukabumi@gmail.com

No comments:

Post a Comment