Monday, January 21, 2013

FAQ Fakultas Farmasi UI

  1. Q : Farmasi itu apa?A : Farmasi (bahasa Inggrispharmacybahasa Yunanipharmacon, yang berarti: obat) merupakan salah satu bidang profesional kesehatan yang merupakan kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia, yang mempunyai tanggungjawab memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat.
  2. Q : Ruang lingkup farmasi apa saja?
    A :Ruang lingkup dari praktik farmasi termasuk praktik farmasi tradisional seperti peracikan dan penyediaan sediaan obat, serta pelayanan farmasi modern yang berhubungan dengan layanan terhadap pasien, diantaranya layanan klinik, evaluasi efikasi dan keamanan penggunaan obat, dan penyediaan informasi obat.
  3. Q : Bagaimana sejarah FFUI?
    A :Fakultas Farmasi merupakan fakultas terbaru di UI yang didirikan berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Indonesia Nomor 2408A/SK/R/2011 tanggal 29 November 2011 dan diresmikan tanggal 12 Mei 2012. Fakultas ini sebelumnya merupakan bagian dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dalam wujud Departemen Farmasi. Pada tahun 1971-1977 Jurusan Farmasi berlokasi di belakang Fakultas Ekonomi UI Jl. Salemba Raya 4 Jakarta Pusat, dan tahun 1977-1987 menempati gedung di belakang gedung Rektorat UI Jl. Salemba Raya 4 Jakarta Pusat. Pada tahun 1987, Jurusan Farmasi menempati gedung D FMIPA UI bersama Jurusan Matematika di Kampus Baru Universitas Indonesia Depok. Sejak tahun 2000, disamping menempati gedung D, kegiatan administrasi Departemen Farmasi dipusatkan di Gedung C.
  4. Q: Apa warna makara FFUI?
    A: Makara FFUI berwarna biru tua dan hijau.
  5. Q: Dimana letak FFUI?
    A: FFUI terletak di Gedung FMIPA Kampus Baru Universitas Indonesia Depok.
  6. Q: Program studi apa saja yang ada di FFUI?
    A: Program pendidikan sarjana farmasiprogram pendidikan apoteker/farmasisprogram
    pendidikan magister farmasi dan program pendidikan doktor farmasi. Pada jenjang S1 program studi farmasi terdapat program Sarjana Reguler dan kelas paralel. Untuk Jenjang Profesi terdapat program profesi Apoteker. Pada Jenjang S2 terdapat Pascasarjana Ilmu Kefarmasian yang terdiri dari peminatan teknologi farmasi, peminatan kimia farmasi/kimia medisinal, peminatan biologi farmasi dan peminatan farmasi klinik.
  7. Q : Kurikulum di FFUI bagaimana?
    A: Program Studi Sarjana Fakultas Farmasi mensyaratkan 144-146 SKS termasuk skripsi/tugas akhir dan dijadwalkan untuk 8 (delapan) semester dan selambat-lambatnya 12 (dua belas) semester yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa untuk mencapai gelar Sarjana Farmasi, yang terdiri dari:
    Program Dasar Perguruan Tinggi (PDPT)  = 12 SKS
    Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK) = 14 SKS
    Mata Kuliah Dasar Keahlian Program Studi (MKDK PS)  = 33 SKS
    Mata Kuliah Keilmuan (MKK) = 65 SKS
    Mata Kuliah Keahlian Khusus (MKKK)  = 22 SKS
    Keseluruhan mata kuliah tersebut tersebar dalam 8 (delapan) semester, mulai semester V mahasiswa dapat memilih mata kuliah pilihan sesuai dengan bidang minatnya.
  8. Q : Mata kuliah di Farmasi apa saja?
    A : Farmakologi, Farmasetika, Biologi Farmasi, Kimia Farmasi, Teknologi Farmasi,
    Komunikasi Kesehatan, Kimia Organik, dll.
  9. Q: Bagaimana jalur masuk FFUI?
    A: Untuk program reguler bisa masuk melalui SNMPTN 2013, SBMPTN dan SIMAK UI. Program Paralel dapat menempuh jalur PPKB Paralel dan SIMAK UI. Program Vokasi (D3) bukan di FFUI, melainkan merupakan fakultas tersendiri.
  10. Q: Lalu, bagaimana bagi mahasiswa D3 yang ingin melanjutkan ke program S1?
    A: FFUI tidak membuka program ekstensi untuk mahasiswa D3 yang ingin melanjutkan kuliahnya.
  11. Q : Di FFUI ada berapa peminatan?
    A : Dua, pelayanan dan industri. Tetapi untuk jenjang S1 belum ada penjurusan karena penjurusannya dilaksanakan pada saat menempuh program profesi Apoteker.
  12. Q: Bagaimana fasilitas pendukung pembelajaran di FFUI?
    A: Fasilitas pendukung pembelajaran yang tersedia di FFUI…..
  13. Q : Peluang kerjanya bagaimana?
    A : Farmasis biasa bekerja di institusi-institusi baik pemerintahan maupun swasta seperti badan pengawas obat/makanan, rumah sakit, industri farmasi, industri obat tradisionalapotek, dan di berbagai sarana kesehatan.
  14. Q: Fasilitas ibadah mahasiswa?
    A: Terdapat mushola pria dan wanita, yang terletak di lantai 2 untuk wanita dan di lantai 4 untuk pria. Mushola diperuntukkan bagi mahasiswa, dosen dan umum sehingga harus berhati-hati dalam menyimpan barang bawaan karena kerap kali terjadi kehilangan barang seperti tas dan isinya, kamera digital serta laptop.
  15. Q: Fasilitas kantin mahasiswa?
    A: Kantin Dalas. Makanan yang disediakan cukup beragam, di antaranya nasi goreng, mie ayam, nasi kuning, nasi rames, ketoprak, ayam goreng, burger dan berbagai minuman seperti jus dan air mineral. Terdapat pula penjual voucher seluler dan koperasi mahasiswa.
  16. Q: Bagaimana kegiatan mahasiswa selain kegiatan perkuliahan?
    A: Terdapat keorganisasian mahasiswa di FFUI yakni BEM FFUI, BPM, Organisasi keagamaan. Selain keorganisian, mahasiswa FFUI juga dapat mengikuti kepanitiaan acara-acara tertentu yang dijadikan program kerja oleh organisasi-organisasi tersebut. Syarat yang diperlukan adalah mahasiswa merupaka IKM Aktif. IKM Aktif diperoleh apabila mahasiswa dapat lulus dari PSAF (Pengenalan Sistem Akademik Fakultas) dan Mabim (Masa Bimbingan), yakni sejenis orientasi perkuliahan yang diadakan oleh kepengurusan di FFUI, yakni BEM FFUI dengan koordinasi bersama BPM FFUI.
Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi:
fb         : Baraya UI Sukabumi
twitter  : @BarayaUISMI




No comments:

Post a Comment