Monday, January 21, 2013

FAQ Fakultas Teknik UI


  1. Q: Apa warna makara FTUI?
    A: Makara FTUI berwarna biru tua. Q: Dimana letak FTUI?
  2. A: FTUI program S1 terletak di kampus baru UI Depok. Q: Apakah FTUI membuka program selain S1?
  3. A: Tidak, FTUI hanya membuka program S1. Selain program reguler, ada juga program paralel dan kelas internasional. Tidak ada program D3, tapi dapat melanjutkan D3 ke S1 di FTUI. Q: Lalu, bagaimana bagi mahasiswa D3 yang ingin melanjutkan ke program S1?
  4. A: FTUI membuka program ekstensi untuk mahasiswa D3 yang ingin melanjutkan  kuliahnya dan mendapatkan gelar S1. Penyaringan dilakukan melalui SIMAK Ekstensi. Q: Bagaimana sistem pembagian fokus di FTUI?
  5. A: Sejauh ini, fokus di FTUI membagi FTUI menjadi 7 departemen yakni :
        1)      Departemen Teknik Kimia
              Program Studi           : Teknik Kimia dan Teknologi Bioproses
        2)      Departemen Teknik Mesin
              Program Studi           : Teknik Mesin dan Teknik Perkapalan
        3)     Departemen Teknik Metalurgi dan Material
              Program Studi           : Teknik Metalurgi dan Material
        4)     Departemen Arsitektur
              Program Studi           : Arsitektur dan Arsitektur Interior
        5)      Departemen Teknik Sipil
              Program Studi           : Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan
        6)      Departemen Teknik Elektro
              Program Studi           : Teknik Elektro dan Teknik Komputer
        7)      Departemen Teknik Industri
              Program Studi           : Teknik Industri
    Q: Apakah hanya anak IPA yang bisa masuk FTUI?
  6. A: Ya, FTUI hanya menerima lulusan IPA. Q: Bagaimana jalur masuk FTUI?
  7. A: Jalur masuk tidak berdasarkan Fakultas, tetapi berdasarkan program pendidikan yang diinginkan. Untuk program reguler bisa masuk melalui SNMPTN Undangan, SBMPTN dan SIMAK UI. Program Paralel dapat menempuh jalur PPKB Paralel dan SIMAK UI. Program Vokasi (D3) bukan di FTUI, melainkan merupakan fakultas tersendiri. Untuk program Kelas Khusus Internasional (KKI) dapat masuk melalui Talent/Scouting dan SIMAK S1 KKI. Program Ekstensi dapat melalui SIMAK Ekstensi. Q: Bagaimana fasilitas pendukung pembelajaran di FTUI?
  8. A: Fasilitas pendukung pembelajaran yang tersedia di FTUI dengan cukup lengkap dan baik. Terdapat gedung pembelajaran utama yakni gedung K, Gedung S dan Gedung A (Engineering Center). Terdapat pula laboratorium dengan rincian yang dapat dilihat di http://www.eng.ui.ac.id/ft/pages/24/7. Di gedung departemen juga terdapat ruang bacayang sekaligus berfungsi sebagai perpustakaan (selain perpustakaan UI). Di beberapa penjuru kampus terdapat Internet corner. Terdapat pula kantin, koperasi dan usaha fotokopi. Q: Fasilitas ibadah mahasiswa?
  9. A: Terdapat musholla yang disedikan dengan ukuran relatif besar dibandingkan mushola fakultas lain. Mushola diperuntukkan bagi mahasiswa, dosen dan umum sehingga harus berhati-hati dalam menyimpan barang bawaan. Tidak ada penitipan barang, maka barang tersebut menjadi tanggung jawab pribadi. Ada juga musholla departemen yang terdapat di masing-masing gedung departemen. Khusus hari Jum'at, lobby gedung K digunakan untuk sholat Jum'at. Q: Fasilitas kantin mahasiswa?

  10. A: Sejauhya ini, kantin tengah direnovasi. Makanan yang disediakan cukup beragam, di antaranya nasi goreng, dimsum, sphagetti, mie ayam, pasta, nasi kuning, nasi rames, ketoprak, ayam goreng serta berbagai minuman seperti jus dan air mineral. Terdapat pula penjual voucher seluler, koperasi mahasiswa dan televisi di kantin.

    Q: Bagaimana fasilitas pendukung kuliah selain yang diselenggarakan oleh fakultas?

  11. A: Fasilitas pendukung:
        1)      Tempat fotocopy:
              a)      Foto Copy Savin
              b)      Foto Copy a+
              c)       Foto Copy KopKar
        2)      Tempat penjualan jajanan ringan:
              a)      Roti Bakar di depan Koperasi Mahasiswa
              b)      Es krim di foto copy KopKar
              3)      ATM Center
        Terdapat beberapa ATM di gedung A FTUI (Engineering Center).

    Q: Bagaimana bila ingin membeli buku untuk kuliah?

  12. A: FTUI bekerja sama dengan:
        1)    Asa Bookstore, untuk penjualan buku cetak yang digunakan di FTUI, baik buku dari luar negeri maupun buku buatan dalam negeri. Asa Bookstore ada di Gedung A FTUI (Engineering Center).
    Q: Bagaimana tempat nongkrong di FTUI?
  13. A: Mahasiswa FTUI memiliki tempat nongkrong di tiap departemen, berupa gazebo yang dilengkapi meja, kursi, listrik serta sinyal WiFi. Selain itu, banyak mahasiswa yang menghabiskan waktu di Lobby gedung K maupun Lobby gedung S untuk menggunakan akses internet sambil mengerjakan tugas. Q: Apa saja organisasi kemahasiswaan yang ada di FTUI ?

  14. A: Terdapat banyak sekali keorganisasian mahasiswa di FTUI yakni BEM FTUI, MPM FTUI, BO (Badan Otonom) dan BSO (Badan Semi Otonom), KPD (Klub Peminatan Departemen) dan BOK (Badan Organisasi Keagamaan). Beberapa BO/BSO adalah KAPA, Bengkel Seni Teknik (BKST) yang di dalamnya terdapat teater, vocal group dan tari angsana prabala, NetIC, Teknika (Jurnalistik) dll. Terdapat pula KPD di antaranya Society of Petroleum Engineers Student Chapter UI (SPE SC UI), Society for Biological Engineers Student Chapter UI (SBE SC UI), dan Ikatan Ahli Teknik Perminyakan - Seksi Mahasiswa Universitas Indonesia (IATMI).
    Sedangkan organisasi keagamaannya ada FUSI FTUI (Forum Ukhuwah dan Studi Islam FTUI), PO (Persekutuan Oikumene) dan KUKTEK (Katholik).
    Selain keorganisian, mahasiswa FTUI juga dapat mengikuti kepanitiaan acara-acara tertentu yang dijadikan program kerja oleh organisasi-organisasi tersebut. Syarat yang diperlukan adalah mahasiswa merupaka IKM Aktif. IKM Aktif diperoleh apabila mahasiswa dapat lulus dari MADK (Masa Adaptasi Dunia Kampus) dan Mabim (Masa Bimbingan), yakni sejenis orientasi perkuliahan yang diadakan oleh kepengurusan di FTUI, yakni BEM FTUI dengan koordinasi bersama Ikatan mahasiswa Departemen (IM).


Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi:
fb        : Baraya UI Sukabumi
twitter : @BarayaUISMI



No comments:

Post a Comment